Perview Grafis Dasar : Udah Bikin Apa Aja Selama Jadi Anak DKV?

UPDATE : Untuk melihat tugas-tugas DKV lainnya dapat dilihat di folder ini atau yang ini. Selamat mencari referensi tugas!

 

Hahaha, judulnya nantang banget. Tapi bener, udah bikin apa aja selama jadi anak DKV, Bie? Aduh, sebenernya sampai besok mau masuk semester 3 juga masih mikir. Eh, aku beneran anak DKV bukan sih? Gambar masih hmm yu nooow lah kalo baca dari postingan-postingan sebelumnya tentang teknik ngegambar aku. But, DKV kan bukan cuman ngegambar doang. So, ini adalah beberapa hasil tugas aku selama jadi anak DKV (semester 1 dan 2)

Grafis Dasar

Mata kuliah semester 2 ini, aku mengerjakan SEMUA tugas juga UTS dan UAS-nya. Jadi gak ada kesempatan buat dapet nilai jelek. Minimal baik deh. Hahaha

Lawan Kata : Tugas lawan kata ini sangat bersejarah buat aku. Why? Karena tugas lawan kata ini adalah tugas pertama yang aku kerjain menggunakan pen tablet (yang baru dibeli) Huahahah. Jadi kalau garisnya masih kasar (sampe sekarang masih) yaa dimohon mengerti aja. Di tugas ini dosen aku ngasih beberapa pasangan kata yang merupakan lawan kata. Dan kita disuruh bikin sketsa dari kata-kata itu. Ntar dosennya asistensi pasangan kata mana yang akan dikerjakan menjadi tugas besar. Dan dosen milih kata Panas X Dingin juga Cinta X Benci untuk aku. Dan inilah hasilnya. Tugas ini aku dapet nilai 85. Alhamdulillah

Panas X Dingin

Cinta X Benci

Aplikasi yang digunakan : Adobe Photoshop cs 3 dan Bamboo Pen Tablet

– Black and White Problem : Tugas ini sebenernya dikerjakan dengan dua warna saja. Yaitu black and white. Dosen memberikan lima kata yang masing-masing adalah gula pasir, eskrim, hantu, asap juga angin. Kita tidak diperbolehkan menggambar dengan menulis kata-kata yang jelas tentang gambar itu. Jadi gambar tersebut harus mewakili kata itu sendiri. Sama seperti tugas-tugas yang lain, menggunakan sistem asistensi. Setelah di asistensi dikerjakan dalam dua warna tadi. Nah, selain itu tugas ini dijadikan bahas UTS. Hanya saja menggunakan varian warna. Dan inilah hasil dari tugas ini. PS : Aku nyeselin banget gambar kata gula aku, kelihatan seperti tepung bukan gula. Dan UTS aku nilainya 85 lagi. Alhamdulillah.

Gula

Ice Cream

Asap

Angin

Hantu

Aplikasi yang digunakan : Adobe Photoshop cs3 dan Bamboo Pen Tablet

– Road Sign : Kali ini adalah tugas untuk UAS. Kita diperintah untuk membuat road sign dengan pesan langsung juga komunikasi praktis, simplifikasi atau mudah dimengerti juga harus unik dan rapih. Maka kami diberikan 9 kata untuk road sign ini. Antaranya, Kawasan latihan menembak, preman, pedagang kaki lima, binatang buas, longsor, tukang loak, kuliner, bencong juga ‘lampu merah’ (atau prostitusi). Untuk nilai UAS ini aku belum tahu berapa, habisnya belum ke kampus lagi semenjak UAS. Hehehe. Dan ini hasilnya…

Aplikasi yang digunakan : Corel Draw X6

 

UPDATE : Untuk melihat tugas-tugas DKV lainnya dapat dilihat di folder ini atau yang ini. Selamat mencari referensi tugas!

 

12 Comments

Filed under DKV's Journal, Tugas Anak DKV

12 responses to “Perview Grafis Dasar : Udah Bikin Apa Aja Selama Jadi Anak DKV?

  1. Saya pengen masuk DKV tapi saya tidak begitu bisa menggambar. Apakah bisa ?

    • kata dosen saya, DKV bukan hanya tentang menggambar, melainkan konsep juga. selain itu kita gak cuman gambar manual, kadang kan main pake aplikasi hehe lagian masuk DKV kita belajar dari awal lagi kok.. good luck🙂

  2. setiawan

    gan w pengen bngt masuk DKV cuman mahal gk sih biaya yang dikeluarkan klo masuk DKV….dan w jg masih buta banget tentang DKV……nanti klo dah lulus,,kerjanya bagian pa y

    • buat semester awal mungkin iya ya, karena semester awal itu kita banyak ngegunain banyak media seperti cat air, cat poster, tinta bak dan pensil warna. jadi selain beli media tersebut, kita beli alatnya, yaitu kuas. sesuai kebutuhan saja, nomor 0, 2, 4, 6, 8 dll.. tidak usah semua.
      peluang kerjanya kita bisa sebagai desainer logo, desainer branding, di penerbit, percetakan, statiun televisi dll.. pokoknya yang berhubungan dengan apa yang dicetak. begituuu🙂 semoga membantu

  3. dea

    kalo boleh tau miminnya DKV mana ya?dan saya inshallah calon maba juga ini mau masuk DKV naah ujian keterampilannya itu kaya gimana ya?makasii:)

    • DKV desain grafis Universitas Widyatama bandung.
      saat itu saya tes dengan jalur pmdk tanpa tes keterampilan. tapi kalau dengar-dengar dari temen sekelas yang ikut tes keterampilannya, mereka menggambar di kertas yang sudah di kotak-kotak, berupa cerita narasi awalnya. tapi saya lupa jelasnya kayak gimana.
      setiap kampus beda uji keterampilannya hehe.
      selamat berjuang ya. sampai ketemu di dkv!😀

  4. yulia

    mo nanya nih.. aq kn nyalon jg nih n llus lwat pmdk.. pngen tw wwancara ny ssah gak..??

  5. syanisca

    numpang curcol ya? aku dulu skolah diSMK jurusan akuntansi, tp sekrang kuliah di ISI Solo smt 2. aku kan blank bgt nea ttg ilustrasi terapa (slh satu makul dSmt 3 nanti) kakak punya contoh hasil karya kkk yg makul ilustrasi terapan,. makasiiiii

    • Hallo syanisca..
      setiap universitas memiliki kurikulum berbeda.. mungkin isi materinya sama, hanya saja namanya beda. di kampus aku untuk matakuliah ilustrasi ada ilustrasi dasar dan ilustrasi media.
      kamu bisa liat contoh tugasnya di folder Tugas Anak DKV di blog ini. Selamat mencari🙂

  6. Alif

    kak mau tanya kalau uts/uas itu dikerjakan pas ngampus dan diberi waktu gitu nggak sih?

    • Halo Alif🙂
      Kalo uts dan uas bisa berupa teori yang biasanya dikerjakan langsung saat jam ujian. Atau bisa berupa mengerjakan desain/karya di kampus saat jam ujian dengan tambahan waktu terntu. Bisa juga berupa take home yang dikerjakan di rumah (bisa diberikan soalnya sebelum ujian lalu dikumpulkan saat ujian, atau diberikan soalnya saat ujian lalu dikumpulkan beberapa hari setelah ujian).
      Semoga membantu ya jawabannya🙂

Leave a Reply

