Kenapa DKV?

UPDATE : Untuk melihat tugas-tugas DKV yang telah saya kerjakan dapat dilihat di folder ini atau yang ini. Selamat mencari referensi tugas!

 

Hi-ho!

Di post kali ini aku mau cerita pengalaman aku jadi mahasiswi DKV sejak 2011. Dan kenapa harus DKV, sih? Ide nulis tentang ini tiba-tiba tring pas aku baru beres ngerjain UTS Take Home-nya Fotografi Media. Actually, dua hari ini aku udah ngeberesin tiga UTS take home. Dengan sistem ‘kalo gak ngerjain, kapan nikah’ #plak.

First of all nih, apa sih DKV itu?

Desain Komunikasi Visual! Yeee.. itu mah kepanjangannya. Semua orang juga tahu. Buat calon-calon mahasiswa DKV, percaya deh pertanyaan ini bakal ditanyain terus selama semester awal, bahkan sampai sekarang. Dan jangan coba-coba ngejawab dengan kepanjangan DKV itu sendiri. Masalahnya dulu pernah pengalaman jawab gitu dan dicerca abis-abisan. Contoh kalimat cercaannya seperti ini, “Loh anda-anda masuk DKV kok gak tahu apa DKV itu? Ntar kalau ditanya orang-orang DKV itu apa, mau jawab apa? Kalau ditanya orang-orang belajar apa aja di DKV, pasti gak bisa jawab toh tahu DKV aja nggak.” Atau kalimat-kalimat ngeselin lainnya. Hahaha

Jadi DKV adalah seni berkomunikasi dengan bahasa rupa untuk menyampaikan pesan melalui media bertujuan menginformasi, mempromosikan, mempengaruhi dan mengubah perilaku sasaran. Sip. Udah tahu kan sekarang apa itu DKV? Jadi kalau kepikiran pengen ngelukis-lukis, idealis, nyeni banget, DKV bukan tempatnya. Kalau yang kayak gitu mending masuk Seni Rupa. Nah, kenapa? Karena di DKV ini kelak kita itu bakal melakukan apa yang diminta oleh client. Kita gak boleh ngotot soal taste, style atau idelisnya desain kita kayak gimana. DKV itu mencetak designer bunglon. Jadi, harus ngikutin apa kata client. Terus ngapain masuk DKV kalau gak bisa ngerjain sesuai apa yang kita pengen? Di DKV itu kita dihajar habis-habis bikin konsep. Dan konsep kita ini yang akan dijual ke client. Eksekusinya ya diobrolin sama client.

Nah, terus apa aja sih yang dipelajari di DKV?

Berhubung aku baru semester 4 dan udah sotoy-sotoyan ngepost ginian, aku bakal jawab apa yang udah aku pelajarin aja yah. Di semester awal, jangan harap kita langsung ke software bikin itu itu yang cadas, gela, pecah, awesome! Yang kita pelajari di semester-semester awal adalah pelajaran basic. Kayak gambar, nirmana, tipografi, foto dll. Kalau soal konsep-konsepan itu bakal diajarin atau bakal dipelajari di semster 4 ke atas.

Semuanya belajar dari 0. Dari basic banget. Awal kuliah sempet ketakutan ini itu. Karena jujur aja nih, manual drawing aku jelek. Gak pake banget sih. Ya jelek. Dan aku udah ngehina diri aku sendiri tentang betapa jeleknya manual drawing aku di post-post sebelumnya. Karena semua belajar dari 0, jangan takut masuk DKV karena alesan skill gambar jelek. Buktinya sampai sekarang aku bisa survive dengan IPK yang asik pake banget. Hahahah. Ini pamer. Maaf.

Kalau kuliahnya nyante, ga?

Bingung jawabnya. Nyantenya yang kayak gimana dulu nih. Kalau nyante yang dimaksud tanpa hitung-hitungan kayak anak menejemen, okelah bisa dibilang sante. Kita ngitung cuman di mata kuliah Pra Cetak dan Teknologi Cetak, kadang pas ngerjain tugas Fotografi ngitung juga sih.

Kuliah nyante atau gak nyante sih tergantung individunya. Aku ngerasanya selama hampir dua tahun berpredikat mahasiswi DKV sih enjoy-enjoy aja dan nyenengin. Kuliah DKV itu kaya air laut yang suka pasang surut. Kadang ada minggu yang tanpa tugas. Sante banget. Kadang ada minggu yang penuh banget sama tugas. Tugasnya kadang gak waras, ngerjainnya bisa sampe tengah malem sambil nangis-nangis karena udah ngantuk. Saran aku sih, jangan molor-molorin ngerjain tugas. Sekali molor semua bakal keteteran. Jadi kerjain pas lagi mood up sama pas waktu luang. Sebenernya sih, kata beberapa orang ngerjain tugas DKV dengan sistem kebut semalem itu kadang berhasil. Habisnya otak kita dipaksa buat ngeluarin ide sama konsep, jadi ngerjain tugasnya lancar banget. Beda kalau ngerjainnya pas waktu luang, dapet ide sama konsep itu susahnya minta ampun. Nah, makanya balik lagi ke individunya. Hehehe

Enaknya kuliah DKV apa?

Enaknya? Banyak sih. Kalau di kampus aku, ngeliat anak DKV berseliweran pagi-pagi itu gak ada. Karena jarang banget ada kuliah jam 7 kayak fakultas lain. Paling pagi jam 8an. Cuman yah, di semester ini kebagian 2 mata kuliah yang jam 7. Lagi ga hoki aja sih sebenernya.

Tadi udah di bahas, kuliahnya lumayan nyante dan terhindar dari ngitung uang ratusan juta tapi uangnya uang khayalan, hehehe. Selain itu di DKV khususnya di kampus aku gak ada aturan harus pakai baju ini baju itu. Asal sopan aja. Makanya aku kalau ke kampus pakai jeans sama kaos doang, gak ribet harus mikirin pakai baju apa di matkul ini dan baju apa di matkul itu.

Enaknya lagi, ngerjain tugas itu waktu tenggangnya lama. Seminggu dua minggu lah. Terus ngerjainnya pakai sistem asistensi, jadi tugas kita semua terarah mau kemana, gak ngasal ngerjain gitu. Terus, aku ngerasa enak banget kuliah di DKV itu karena dosen-dosennya enak buat diajak ngobrol kayak ke temen. FYI, mahasiswa DKV gak sebanyak fakultas lainnya. Biasanya anak fakultas lain buat ketemu dosen itu susah banget, terus kadang dosennya killer. Nah, dosen DKV itu gampang banget dicarinya, pas lagi gak ada jadwal kuliah juga masih bisa keliatan di kampus, kalau mau asistensi dadakan atau curhat tentang kuliah, dosennya pasti bisa karena gak banyak mahasiswa yang di handle. Ngerasa istimewa banget deh kalau jadi anak DKV, kaya ceribel gitu deh istimewa, atau gak kayak martabak terang bulan. Nyum.

Nah, ada lagi! Ujiannya suka take home. Ulalala~ jadi dateng ke kampus absen, ambil soal, sampai ketemu di minggu pengumpulan tugas deh hehehe.

Tadi enaknya, kalau gak enaknya kuliah DKV apa?

Gak enaknya? ya tadi, tugasnya banyak dan…..mahal. Nih dikasih bocoran, hahaha. Harus beli cat poster lah, cat air, tinta bak, beli kuas lengkap, beli pensil lengkap, punya sketch book. Cuman itu worth it sih. Jadi gak usah di ambil pusing sama mahalnya harga cat poster. Toh ilmunya kepake kok, kalau udah jadi tugasnya ntar awesome sendiri liatnya hehehe.

Gak enaknya lagi, gak bisa nyontek. Apa coba yang mau dicontek dari tugas anak DKV? Misal si A belum ngerjain tugas, terus si B udah. Tugasnya kan gak bisa di fotokopi terus di salin ulang. Hik. Selain itu, sks mata kuliah DKV itu banyak. Kalau gak 3 ya 4. Bayangin aja, 4 sks atau sekitar 200 menit di kelas ngapain aja? Ya ngubek gambarlaaah hahaha. Tapi untungnya boleh bawa makanan ke kelas.

Terus nih, pas hari pengumpulan tugas aaah belibet deh. Bawa tugas dari kost/rumahnya, apalagi kalau tugasnya belum di linen sama di kertas rotiin. Buru-buru dan belibet banget, yakin.

 

UPDATE : Untuk melihat tugas-tugas DKV yang telah saya kerjakan dapat dilihat di folder ini atau yang ini. Selamat mencari referensi tugas!

 

90 Comments

Filed under Diary, DKV's Journal, Tugas Anak DKV

90 responses to “Kenapa DKV?

  1. makasih atas ceritanya , sekarang aku tahu apa itu dkv dan enak enggaknya dkv tu kayak gimana , matursuwun ;))

  2. nais inpoh gan, kalo tes masupnya ada MTK dkk. juga kagak ya?
    ane phobia bener ama tu pelajaran itung-itungan😀

    • beda2 tiap universitas. biasanya hanya pengetahuan umum dan tes gambar. kebetulan saya tidak mengikuti tes masuk, tetapi melalui pmdk. apabila ikut snmptn semua mata pelajaran IPA/IPS sesuai jurusan di tes.

  3. manual drawing aku jelek, pake BANGET nih kak. tapi pengalaman kakak bikin jadi semangat buat masuk DKV. ternyata ada saingan manual drawing jelek BRUAKAKAKK

  4. mells

    kuliah dimana kak?😮

  5. Makasih kak infonya. Tambah semangat untuk kuliah dkv haha😀
    Oh iya mau tanya sedikit. Kalo beli peralatan dkv di bandung biasanya dmn kak?
    Ada refrensi tempat yg bagus dan murah gak?
    Thanks in advance🙂

    • sama-sama😀
      Sampai ketemu di DKV. rencananya mau masuk DKV mana?
      kalau di bandung belinya bisa di balubur, disana lengkap dan murah dibandingkan harus beli di toko buku besar.

      • Aku masuk DKV stisi telkom kak hehe😀
        Oh begitu yaa.. Iya kak soalnya kmrn aku ngecek harga buat peralatan di toko buku itu mahal mahal bgt. Apalagi kuasnya yg merk winstor & newton itu gak nahan ya -_- Kira kira kuas yg bagus tapi gak semahal w&n merk apa ya kak? Mohon bantuannya dong kak hehe😀
        Terimakasih lagi🙂

      • selamat ya.. salam DKV!😀
        kalau aku pake lyra. bagus atau nggaknya kuas aku jg nggak ngerti, habis nggak bisa ngelukis atau ngewarnain pakai kuas. hehehe
        waktu semester 1 aku beli semua ukuran mau yang pipih ataupun yang lancip. dan sekarang nyesel minta ampun. karena ternyata ngewarna-warna pakai kuas di dkv itu nggak banyak, hanya beberapa kali dan hanya di matakuliah gambar dasar dimana cuman ada sampai semester 2.
        saran saya dan saran mas-mas yang jaga toko waktu saya beli kuas sih mending beli dengan ukuran nomor genap saja atau ganjil saja. karena perbedaan dari 0 ke 1 dikit. dari 1 ke 2 juga. dan seterusnya. jadi bisa beli angka 0, 2, 4, 6, 8, dst atau 1, 3, 5, 7, dst.

  6. Clara

    Makasih kak ceritanya. Jadi makin pengen nih masuk DKV.
    Btw kak, lulusan DKV bisa kerja apa aja ya?
    Aku pengen ambil jurusan DKV cuma ortu blg liat2 dulu, jangan ampe salah masuk. Apalagi gara2 insiden abang sepupuku. Dia kemarin milih jurusan DKV, eh tau2 nya pindah ke arsitek, gara2 katanya DKV ga asik. X_X Makin pusing nih mau milh jurusan. Padahal aku udah suka banget ama DKV😀
    *jadi malu nih, curhat segala *shy #plak
    hihihi….
    Thanks kak😀

    • Clara

      Oya kak. Masuk DKV itu harus bisa gambar ya? Kalo kemampuan gambar nya pas2an, gimana donk?😦 ga jago gambar nih…..

      Sekali lagi, thanks😀

    • Hai Clara!🙂
      Lulusan DKV bisa di periklanan, production house, art director, komikus, ilustrator, desainer branding, fotografer, dll. Banyak. Coba cari di google aja prospek kerjanya apa saja. Lebih lengkap hehe.
      Asik nggak asik kan gimana yang menjalani hehe.
      Kalo skill gambar sebenarnya perlu, cuman selama 2 tahun kuliah ini dosen selalu menekankan kalo skill gambar nggak dinomor satukan. Yang penting konsep, konsep, konsep. Kamu bisa liat hasil tugas-tugas saya, gambar saya nggak terlalu bagus. Jauh dari bagus mungkin hehehe
      Selain itu yang penting kita bisa lihai di software desain seperti corel, photoshop dll. Walaupun software hanya sebagai pembantu, tapi penting kok. Karena nggak selamanya ngegambarnya manual. Kan bisa dalam bentuk vektor atau digital drawing.
      Sampai ketemu di DKV ya😀

  7. arivi

    mari dukung adek2 kita untuk memajukan dunia design di Indonesia …

  8. Wah, makasih banget kak atas infonya. Setidaknya sedikit punya gambaran tentang DKV😀

  9. mkasih ya teteh infonya… TOP BGT hehe sya jga anak dkv tp bru smt 1 ,salam kenal teteh.. jangan lupa knjungi blog saya jga ya ..:D

  10. wew …. ceritany bagus kk ^_^ ,
    soalny sya jg lgi bingung nih….. lebih milih ke DKV atau SI … tpi kykny DKV lebih sru dibanding SI … jdi lebih pede msk DKV😄

  11. wah makasih bgt infonya:D
    sebenarnya masih baru kelas 11, cm krn baru2 ini ada expo di sekolahan jd ikutan mikir jg mau kuliah apa, hehehe.
    mau nanya dong, sebenarnya kuliah dkv itu kayak gimana sih? cuma fokus sm menggambar aja atau ada kegiatan yg lain ya? makasih banyak:)

    • hallo Dinda, thanks udah mampir😀
      iya, sebaiknya dipikirin dari sekarang. makin cepat makin baik. dan diobrolin sama orang tua. cari tahu potensi dan keinginan pengen dimana. biar ga dadakan dan ntarnya salah masuk hehe.
      DKV gak selamanya ngegambar kok. Kan DKV dibagi berbagai jurusan lagi. Umumnya ada desain grafis, multimedia sama adv. tapi semuanya melalui mata kuliah dasar seperti ngegambar. setelah itu baru diajarkan atau difokuskan ke jurusan masing-masing.
      desain grafis kebanyakan mempelajari segala hal yang dicetak, seperti poster, logo, layout, flyer dll. kalo multimedia kebanyakan mainnya dikomputer seperti bikin desain web atau animasi. kalo adv ya bikin desain iklan-iklan gt.
      mata kuliahnya banyak, dan gak semua fokus ke gambar. ada mata kuliah penunjang, seperti agama, pkn, b.indo, english dll.
      mudahan jawabannya memuaskan yaaa😀
      selamat memilih, Dinda🙂

  12. helena

    Makasih infonya kak ^^
    Ak tertarik sm dkv, tp masih ragu2 sm pilihanku sendiri soalnya aku gak bisa gambar manual
    Ak jg mau tanya, apa dkv di umn bagus?

  13. dari dulu kepengen masuk dkv berhubung ak suka desain dan gambar. tapi sekarang malah ke informatika. bisa ga ya ilmu dkv dipelajari otodidak?

  14. agnesia

    kak, kalo lewat jurusan snmptn undangan itu yg dilihat nilai apa ya ? apa seni rupa ? soalnya nilaiku seni rupa turun kak😥

  15. Garin Adi

    pengalaman kakak bikin saya tambah semangat masuk dkv. seru yah masuk dkv =))
    saya masih kelas 11 IPS. apa bisa masuk dkv kak?

  16. dkv itu ada di tengah2 antara desainer dan seniman
    desainer adalah seniman,namun seniman belum tentu desainer

  17. thank’s infonya..

    saya baru masuk d LPKIA ambil DKV (dorongan dari ortu)
    jadi ngerasa salah jurusan setelah membaca cerita ini -_-
    jujur gambaran saya juga jelek, dan mungkin kurang kreatif jg..

  18. KO

    ka kn aku udh mo kuliah, kalo dkv minat’a kaya bkin anime” jepang gitu, kalo kerja’a kira” gampang ga sih dapet’a ??
    aku lulusan akun nd mama nyuruh’a menejemen (udh dftar’a juga menejemen) .. tapi sbnr’a pengen dkv.
    tapii gambar’a pas”an bgt .. minta saran ka >,<

  19. aoi

    pengen milih dkv sebenernya tapi ragu soalnya gambar gak bagus,selama ini kalo make photoshop untuk buat pamflet ambil gambar dari internet /plakk
    apa gak papa ya kak kalo gak bisa gambar? tapi saya suka banget bikin sesuatu *?* pake photoshop
    bingung xD

    • kenapa gak dicoba aja? ehehe..
      kalo ga bisa-bisa banget gambar, kayaknya sih nggak apa-apa.. asal ada kemauan buat belajar dan improve skill hehe.
      selamat memilih yaa😀

  20. Audrey

    Thanks infonya! Jadi tau banyak ttg dkv.
    Tapi abis baca kalau tugas dkv itu banyak bengett.. jd mikir nih mau masuk dkv. Kira2 di tengah tumpukan tugas2 itu masih bisa nyantai bobok siang gitu gak? Hehe.. terus apa ngerjain tugasnya kudu begadang biar selesai? :s

    • hallo audrey!😀
      as long as kamu bisa memenejemen waktu dengan baik, kayaknya gak akan ada yg namanya tugas numpuk hehe.
      bisa dooong, kamu masih bisa bobo siang, jalan ke mall, hang out sama temen-temen. pergaulan kamu nggak akan kemakan sama tugas dkv kok hehehhe
      selesain jam berapanya ngerjain tugas dkv itu tergantung pada jam berapa kamu memulainya dan seberapa siap kamu memulainya. kalau ngerjain tanpa punya sketsa atau konsep, mau ngerjainnya dari subuh juga bakal susah. hehe
      jadi sebaiknya pas ngerjain kita udah bikin sketsa kasar, mau dibawa kemana tugas ini, jadi udah tau arahnya kemana. insyallah kok, cepet ngerjainnya asal nggak ada tukang bakso, tukang cilok, tukang bakpao lewat depan rumah. hahahaha

  21. Rizaldy Nanda

    Halooo….
    Saya mau masuk juruaan DKV nih
    Btw apa harus bisa software seperti photoshop atau corel ya?

    • halo Rizaldy🙂
      menggunakan photoshop, corel dan software desain lainnya adalah keharusan. tapi, sebaiknya lihai di beberapa software utama. yang lainnya bisa dipelajari bersamaan ketika sedang kuliah.

  22. Amyoung

    makasih kak infonya, jadi ada gambaran tentang kuliah di DKV dan bisa siap-siap dari sekarang😀

  23. Tetanggaa sebelah ane DKV…. kerjanya sante terus haha

  24. kak kak kak blog kk bgus bnget, sy juga ada niat msuk dkv bandung. tp msh bingung ama universitasnya kak ? ada saran ?.. sy juga gk puny basic di corel atw photoshop.. kira2 bisa gk kak ? mohon jawabannya

    • Halo devi!
      Makasih yaah, seneng banget udah mampir kesini hehe.
      Coba buat apply ke fsrd itb atau dkv telkom. Atau mau coba ke kampus aku? Hehe
      Basic software perlu, tapi masih bisa dipelajari mulai sekarang. Masih sempet kok🙂
      Sampai ketemu di dkv yaa

  25. Devi Reskita

    Halo juga kak.. thanks bnget udh bls komen ak… boleh nanya lg gk ? kk dlu msuk di sana lewat jalur tes ? atw gmana ? soalnya aku rada bingung kota aku di sulawesi tp pngen merantau ksana T_T

    • Kebetulan aku masuk lewat jalur pmdk, jadi gak pake tes. Cuman masukin laporan belajar sama portfolio desain.
      Kalau mau merantau, sebaiknya survey dulu ke bandungnya biar bisa liat kampusnya. Atau bisa visit ke official web kampus yg dituju.

  26. Dea Puspita

    Halo kak , aku baru kelas 11 nih … Aku bingung pengen masuk kuliah apa … Tapi aku ska banget gambar” anim dll , aku mikir apa masuk DKV aja .. Tmn” jga suruh aku masuk yg berbau desight .. Tapi takut nantinya susah cari kerja … Aku cuma bingung nanti kerjanya apa … Mohon saranya ya kak , makasih🙂

    • Halo Dea🙂
      Biasanya kan nanti bakal ada psikotes, coba liat hasilnya cocok dimana. Terus kalau memang mau masuk design, lapangan kerjanya banyak kok. Kamu bisa googling untuk lengkapnya yaa😀

  27. kaak. aku masih kelas 11 nih, tadinya aku mau masuk kuliah fisika. tapi setelah mikir mikir lagi aku surrender(?) iya pokoknya gitu.
    terus aku searching gt, dapet dkv trs aku tertarik. kira kira universitas

  28. *universitas mana ya kak yang bagus di sekitaran jakarta selain binus?:”)

    • Halo kamu.. Maaf ya untuk informasi kampus dkv di jakarta aku kebetulan nggak tau sama sekali.
      Mungkin kalau googling dan nyasar di blog lain, bisa ketemu jawabannya. Btw thanks udah main kesini🙂

  29. Hyahhwiii ^^)) … Ceritanya seru kak bacanya nggak bikin bosen.. Wah jadi tau apa itu DKV ..

  30. Halo juga kak😀 makasih kembali atas infonya, so pasti bermanfaat🙂 , aku jadi pengen masuk jurusan DKV

  31. Zaky mufthi said ramadhan

    numpang nanya niiih kalau peluang kerjanya kira” apa ya ??
    terus itu ada gambar manualnya juga ?? Duh jelek bangat nih kalau manual hehehe tapi nanti ketemu yang ngedesain di komputer kan ya ?

    • Halo Mufti🙂
      Peluang kerjanya banyak. Kayak fotografer, animator, ilustator, di production house, tv, majalah dll. Bisa googling yah buat lengkapnya hehe
      Gambar manual biasanya di semester awal, nanti menggunakan softwarenya mulai dari semester tigaan. Beda kampus beda kurikulum😀

  32. m robi habibi

    Gan saya ingin masuk dkv tapi takut karena gak ada basic gambar ya bisa dibilang gambar saya jelek ,apa iya masuk dkv itu harus ada basic gambar ?

    • Halo robi!🙂
      Basic gambar itu perlu, tapi kalo merasa kurang, nanti saat kuliah dipelajari dari awal kok. Seperti membuat garis, bentuk, arsir dll.
      Aku juga gitu kok awal-awal kuliah, ngerasa insecure hehe

  33. kak novita, tahun ini mau bulatin masuk DKV di STDI”sekolah tinggi design interstudi” di jakarta, walau sempat ke pending 1 tahun heheh.
    beberapa sekolah perguruan tinggi. menerima ajaran baru pasti di TEST ia kak. nah tips biar di terima dan gak grogi pas test bagai mana kak ?

    di STDI ada test :
    a. Test tertulis pengetahuan umum sesuai dengan jurusan
    b. Test menggambar (STDI)
    c. Interview

    nah kak novita bisa bantu jawab tentang test a,b, dan c ? terimakasih

    • Halo, Raka.. Terima kasih sudah mampir ke post ini. Btw, sukses ya buat test masuknya😀
      Kayaknya aku ga bisa membantu dengan menjawab pertanyaan poin a, b, c tersebut.
      Jadi, waktu masuk kuliah dulu itu aku lewat jalur PMDK dimana aku cuman menyertakan portfolio dan salinan rapor aku. Jadi tidak mengikuti test tertulis, test gambar juga interview.
      Tapi test gambar yang pernah aku tahu, bisa berupa gambar suasana berdasarkan deskripsi tertulis atau menggambar belasan (bisa puluhan) ide berdasarkan satu petunjuk. Lebih detilnya mungkin bisa googling cari pengalaman lain di blog lain hehehe.
      Dulu pernah ada anak ITB cerita pengalaman test gambarnya, kalau bisa jangan peduliin orang lain yang kelihatan ‘nyetrik’. Karena mereka sengaja ‘nyentrik’ untuk ngebuat kamu nggak fokus dan nggak PD saat test. Nyentrik yang mereka maksud itu bisa berupa warna baju mereka yang mencolok, pattern baju yang menggangu, warna rambut yang tak lazim, dandanan di tindik di wajah (haha) atau bisa berupa gerakan badan seperti menggerakan kaki terus-terusan. Fokus! Gituuu hehe
      Mudah-mudagan jawaban aku yang segambreng ini bisa sedikit memberi pencahayaan (ceilah). Good luck! Sampai ketemu di DKV😀

  34. hallo ka , aku tertarik dengan jurusan dkv , ya walaupun masih kelas 11 , btw aku di bandung . bingung mau pilih fakultas mana , mau tanya ka aku kan gabisa gambar tuh , software juga blm ngerti2 amat, aku gamau salah pilih lagi kaya sekarang😦 bantu jawab ya ka , boleh tau id line nya ka? biar bisa nanya2 lebih lengkap

    • Halo Yuniar!😀
      Mumpung masih kelas 11 baiknya penggunaan softwarenya dimantepin aja dulu. Satu tahun cukup kok buat ngasah skill di software. Karena sayang bgt kalo udah masuk tapi belum bisa, nanti kuliahnya ga fokus. Antara tugas sama pendalaman software.
      Bisa add novitabie ya.. Sampai ketemu di dkv! Good luck!

  35. eji

    kak aku baru lulus sma nih niatnya mau lanjut ke telkom university jurusan dkv, tp bingung nih kata temen2 bakal nguras duit ya kalo di jurusan dkv? mau tanya kira2 berapa ya biaya2 buat peratalan penunjang kuliah di dkv itu? terus juga mau tau apa peralatan2 itu sekali pakai atau gimana?

    • Halo, Eji😀
      Untuk peralatan penunjang itu biasanya hanya ada di semester awal. Jadi jangka penggunaannya hanya awal-awal semester (2-3 semester)
      Ga bisa dikira-kira berapanya hehe. Udah lupa soalnya. Bisa googling aja harga cat air, cat poster, kuas dll biar bisa memperkirakan. Soalnya di semester awal itu biasanya mata kuliahnya itu manual tangan belum ke software design.

  36. Wahhh baca ini jadi bikin semangat lagi buat masuk DKV :3
    thx motivasinya yaa xD
    disuruh ortu kuliahnya di Bandung aja, tapi bingung mau dimana :3 wkwkwk

    P.S. : makasih juga bocorannya “apa itu dkv? ”😀

    • Hallo Widyana (maaf kalo salah nama hhe)
      Masama, makasih juga udah main kesini. Good luck kuliahnya ya, banyak kok kampus di bandung dengan fak/jurusan dkv yang oke!
      Salam dkv!😀

  37. Iwan

    ka mau tanya, kalo lulusan smk jurusan Multimedia nyambung gak sih ke dkv? dilema berat antara dkv sama ti😦

    • hallo iwan🙂
      nyambung banget kok. soalnya salah satu anak dkv itu ada multimedia. jadi ntar pas kuliahnya udah nyambung sama mata pelajaran pas sekolah. jadi udah punya basic yang keren kalau emang asalnya kamu dari multimedia. hehehe.
      it oke, dkv oke. selamat memilih yaa🙂

  38. Ecik

    Aloha kak, aku juga rencananya mau ndaftar dkv di ISI Jogja tapi berhubung dkv disana salah satu jadi terfavorit udah minder duluan. Ya udah banting stir aja di desain interior.padahal dkv itu seru (pake banget) salam merdekave kak.

    • halo ecik🙂
      sayang banget ya kalau kita give up karena minder. sebenernya aku juga ngalamin sih dulu pas daftar kuliah. dan setelah tersadarkan, aku ngerasa jadi pengecut hehehe.
      but dimana pun ntar kamu, semangat ya.. soal sukses nggaknya kuliah itu tergantung individu sih sebenernya, bukan masalah kampus mana atau fakultas mana. Good luck! ehehe

  39. hallo ka. makasi atas sharing pengalamannya🙂 mudah”an tahun depan aku bisa jadi mahasiswa dkv aamiin

  40. Mantab, tambah semangat masuk dkv. Sebenrnya udh calon maba dkv hehe, cuma blakangan sempet ragu ama skill gambar karena ya emang gambaran saya biasa tdk terlalu bagus. Main software ya bisa dasarnya doang bukan yg expert hehe, smoga kedepannya saya bisa lbh baik🙂

    • Halo Mario.. Terima kasih sudah mampir
      Selamat yaah, semangat kuliahnya.
      Sebenernya di dkv kan ga cuman gambar melulu. Setiap orang nanti kebetuk jagonya di bidang apa pas di dkv.
      Jadi sambil kuliah, sambil cari jati diri. Salam dkv! 😊

  41. kak saya juga mau tanya nih hihi
    saya lulusan baru dan ada minat di dkv. tapi biaya dkv itu mahal banget ya kak, terutama untuk peralatan yang bakal di pakai nanti kaya laptop high spec, kamrea, pentab dll ya? dan apakah untuk alat yang di sebut tadi sangat wajib tiap individu untuk punya?

    • Hallo Sabilla😀
      Aku ga bisa bilang itu wajib sih, cuman dengan menunjangnya peralatan kita, mengerjakan tugasnya bakal lebih ringan dan hasilnya maksimal.
      Semisal pake laptop yang specnya bukan untuk desain, software desain bakal susah banget dipake, lelet bahkan warnanya bisa melenceng jauh.
      Kalau soal kamera, selama bisa dipake foto mah gpp kok pinjem juga (imo), kecuali minat di fotografi kamu tinggi apa salahnya beli kamera+lensa bagus buat menunjang minat kamu.
      Soal pentab juga sama, kalau kamu sangat minat di ilustrasi, jadi bisa sekalian investasi di kemudian hari karena bakal kepake banget hehehehe.
      Semoga jawabannya bisa membantu yaaa🙂

  42. Dani Purmanto

    Mao tanya kak, klo DKV cocok gk buat yg suka bikin animasi, nggabar di Photoshop tpi agak jelek klo nggambar manual?
    Trus klo masuk DKV HARUS KREATIF kah?

  43. Vonny Brigita

    kak kalo SMK ngambil multimedia bisa masuk DKV gak?

Leave a Reply

