TA! TA! TA!

Dibaca Te-A ya. Bukan Te-A-I. Itu tanda seru, bukan huruf I. Hehehehe

Apa coba ketawa. Ini ngetik post ini dengan kepala yang berat banget. Lagi pusing-pusingnya liat list PR buat minggu depan. Bayangin semester 5 ini aku ngambil 9 mata kuliah, 2 diantaranya adalah mata kuliah semester 7, dan di list PR aku ada 8 tugas! Artinya setiap mata kuliah ngasih satu tugas masing-masing buat minggu depan. Die aja. Die! Dan parahnya aku baru mulai ngerjainnya hari ini. Ini Jumat, Bro!

Post kali ini aku mau ceritain tentang betapa menyeramkannya TA itu. Btw, TA itu artinya Tugas Akhir, ya..

Mengutip kata-kata dari Dina tadi sore waktu lagi jalan mau ke ATM sepulang ngampus, “Jadi.. Deg-degan kuliah itu ada di awal dan akhir.”

Bener banget, Din! Bener banget. Dulu pertama kali kuliah deg-degan gara-gara over thinking gimana kuliahnya, dosennya, mata kuliahnya, temen-temennya. Ah semua sengaja dibikin deg-degan. Dan di akhir masa kuliah atau istilahnya ketika menjadi mahasiswa tingkat akhir adalah bikin Tugas Akhir dan Proyek Akhir! AAAAA~

Kalau ada yang nanya-nanya kok aku deg-degan padahal aku bukan mahasiswa tingkat akhir, nah.. akan aku jabarkan sekarang. Hehehe..

Jadi di semester 5 ini, aku dan temen-temen seperjuangan ditodong buat bikin proposal TA yang dimana akan kita ambil di semester selanjutnya, yaitu semester 6. Yang namanya ditodong siapa sih yang gak kaget. Hello, aku baru jadi mahasiswa kemarin looooh, kok udah TA TA-an lagi?

Nah! Jadi, sebelum kita ngambil TA di semester depan, kita bakal dipersiapkan segala hal tentang TA itu di semester 5 ini melalu mata kuliah Metode Penelitian. Dan pertemuan pertama sama Beliau, Sang Dosen, semua mahasiswa ditanya mau bikin apa sih buat TA ntar. Dan kebanyakan ngeblank, termasuk aku. Hik.

Setelah dikasih waktu mikir seminggu, akhirnya kita dikasih format proposal TA dan rencananya bakal dikumpulin dua minggu kemudian. Mulai mikir sampe otak diperes-peres, mau bikin apa dan punya ‘link’ ke sana ga, sih? Alhamdulillahnya, aku udah punya beberapa alternatif judul. Dan tinggal lancarin ngeberesin proposalnya.

Ini baru proposalnya ya.. Setelah bikin proposal dan sistem asistensi, kita bakal bikin bab 1, 2 bahkan 3 dari skirpsi TA itu. Pasti nanya-nanya, kan? Ngapain dikerjain di semester sekarang, toh semester depan ini TA-nya. Jadiiii.. gini looooh.. Ini juga kata-katanya senior yang diwawancara di lift, kelas, koridor sama di food court, katanya di semester depan itu kita fokus sama visual TA-nya, jadi teori dan nulis-nulisnya bakal di rampungin di semester 5.

Oh.. ngerti. Ngerti. Tapi sebenernya jawaban mereka bukan sesimpel itu. Mereka membumbui jawaban dengan tatapan kasihan, tawa kecil, tawa terbahak, dan wajah serius. Ada yang dengan pedenya jawab Metode Penelitian itu gampang! Iya gampang!! Tapi jawabnya dengan wajah gak yakin dan terkesan nakut-nakutin banget. Ada yang bener-bener nakut-nakutin bakal nggak tidur sekian hari, diem depan laptop sekian jam dan lain-lain.

Ini nih yang bikin deg-degan. Yakin gak yakin sama potensi sendiri. HUH HAH! AYAAAAAH~😦

Tapi tadi sore sebelum pulang, sempet mampir ke food court dan ngobrol sebentar sama senior yang sudah dan sedang TA. Dan Teh Mutiq, senior aku yang udah melalui masa-masa TA-nya memberikan kekuatan super ajaib dengan kata-katanya, “TA itu gampang! Jangan tanemin kalo TA itu susah dan nyeremin. Itu TA kita! Kita yang tahu semua yang ada di TA itu. Penguji nggak bisa berbuat apa-apa, karena itu TA KITA!”

CIAAAT! setelah ngedenger kalimat itu, aku sama temen-temen langsung meninju angin dan berbicara dengan mantap kalau TA itu gampang. Mudah-mudahan. PUAH.

 

 

Leave a comment

Filed under Diary, DKV's Journal, Tugas Anak DKV

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s