Wawasan Olah Rupa’s Task : Retorika Visual

UAS untuk matakuliah Wawasa Olah Rupa, kita dimita untuk membuat sebuah poster kampanye. Posternya bisa berupa kampanye individu dari partai fiktif atau komunitas. Untuk UAS ini aku bikin kampanye kandidat president science club. Dan, ini adalah penampangannya :

PRINT INI

software used : Adobe Photoshop cs 3

  • Trope

Menggunakan majas subsitusi, yang artinya mengganti dengan benda lain untuk menyamakan kualitas.

–          Tokoh utama memiliki empat tangan, disamakan dengan bentukan Dewa Ganesha yang terkenal dalam agama Hindu dan banyak dipuja oleh umat Hindu, yang memiliki gelar sebagai Dewa pengetahuan dan kecerdasan.

–          Microscope mewakili sains itu sendiri, kaca pembesar mewakili keingin tahuan yang besar, laptop mewakili kecanggihan teknologi dan buku mewakili gudang ilmu.

  • Schema

–          Menggunakan latar berwarna biru, dimana warna biru mewakili ilmu dan wawasan. Warna biru juga mewakili keamanan, teknologi, keteraturan dan kesabaran. Warna biru sering dipakai sebagai warna dominan dalam bidang pendidikan.

–          Menggunakan warna putih sebagai penyeimbang karena kekurangan warna putih dapat memberi rasa sakit kepala dan mata lelah jika warna ini terlalu mendominasi. Warna putih juga memberikan makna steril.

Leave a comment

Filed under DKV's Journal, Tugas Anak DKV

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s