The Interview

If you wondering (iya, kalau ada), where have I been lately? The answer is…. drum roll, please! DUM DUM DUM DUM! I had a really really really busy day, wait.. no. I had a really busy month. A whole month!

Terdengar sangat berlebihan, tapi bener deh.. bulan ini super hectic, aku pun nggak pernah ngebayangin bakal punya hari-hari seribet ini. Well, jadi gini ceritanya..

Setelah curhat dikit di post sebelumnya kalau aku bakal mengalami bulan-bulan yang sibuk di akhir tahun, dan itu seperti sebuah doa! TRING! Langsung kekabul. Bukan perihal ada yang ulang tahun terus aku harus bolak balik Bandung. No.. Awal bulan September kemarin aku apply ke sebuah perusahaan, dua minggu kemudian, di subuh buta si Vita ini iseng ngecek email di hp. Kaget nggak ada dua itu dapetin notifikasi email di alamat email khusus buat apply kerja. Isinya apa?

They want to meet me in personal! Yes. I’m gonna have my very first interview ever.

Dan bla bla bla bla, aku ke Bandung buat interview dengan pemilik perusahaan itu. Setelah ngobrol tentang kerjaan, yang lumayan sebentar, dia bilang ‘I want you in my team, let’s meet in Jakarta!’ Iya, kerjaan yang sedang kita bicarakan ini bukan perusahaan Bandung punya, tapi Jakarta.

Btw, beliau yang menginterview aku itu adalah orang yang sangaaaat humble, periang, ramah dan menyenangkan untuk menjadi sosok bos. Setelah diskusi sama Ayah tentang semuanyaaaaa (yang memakan waktu sampai dua minggu), akhirnya kerjaan itu harus aku lepas. Padahal nih, kerjaan itu adalah salah satu kerja yang aku harapin pas masih kuliah. Make something cute yang sesuai sama style desain dan ilustrasi aku. Padahal (juga), aku udah ngebayangin bakal hidup jauuuuh dari rumah, jadi anak Jakarta, kerja ‘beneran’. But.. pffft!

Setelah membuat keputusan bahwa pekerjaan itu resmi aku lepas, aku hancur. Sedih banget. Aku dirundung awan kelabu (meh, lebay). Waktu itu inget banget, hari Senin jam 12an siang. Aku sambil sesegukan, apply pekerjaan baru. Nggak lebih dari lima belas menit, aku dapet sms undangan untuk interview di Bandung.

Tau ga perasaan aku saat itu?

Roller-coaster! Bimbang nggak ada dua. Naik turun. Nggak jelas. Semacam belum siap untuk memulai yang baru. Dan, bodohnya aku itu disitu. Aku nggak ngambil waktu untuk recovery. Tapi, akhirnya aku mengumpulkan kembali serpihan kepala aku yang udah dikerubutin semut di lantai. Dan, pergilah (lagi) si Vita ini ke Bandung buat interview.

DAN! Aku mengalami interview yang 180 derajat beda dengan interview sebelumnya yang santai dan menyenangkan. Semacam aku dapet gonjangan jiwa, mengingat kemarin masih sesegukan sedih, terus sekarang diajak mikir keras. Seberes interview, aku diem sepanjang jalan pulang.

Dalam satu bulan, aku ngerasain jungkir balik ketemu dengan orang-orang berbeda buat sesuap nasi dan sebongkah berlian. Aku ngerasin roller-coaster yang nggak pernah berhenti selama sebulan ini. Tapi, Ayah ngasih aku kalimat sakti di telepon pas aku curhat, aku takut dan nggak enak hati setelah hal-hal tadi. “De.. ketika kita nyari kerja, kita akan bertemu dengan orang-orang yang berbeda ketika interview. Ade jangan khawatir, jangan sedih, jangan takut. Itu wajar kok. Cari kerja memang susah, ade pasti bisa.” Dan setelah aku denger kalimat itu, aku…..nangis di telepon. Tapi, pepatah Ayah tadi tiba-tiba aja terpatri di kepala aku. Everything is gonna be okay. Everything is okay. 

Jadi, setelah akhrinya aku dapet panggilan interview tahap selanjutnya, rasa takut, khawatir dan sedih yang kemarin menggerogoti hati aku, perlahan pergi. Aku mulai berfikiran positif tentang kerjaan yang bakal aku ambil. Aku pernah ngehayal punya perusahaan kayak gini. Pernah ngehayal melakukan hal keren ini. And.. Here I am, semoga jodoh! Puah!

Leave a comment

Filed under Diary

Leave a Reply

