#Watercoloritugampang

IMG_4300

Water color itu gampang. Iya, kata Kak Ning beberapa hari lalu.

Oh, hello April. Akhirnya punya bahasan tulisan buat bulan ini, nggak apa-apa ya walau ini ngepostnya di tengah bulan.

Beberapa hari lalu (Fri, 16/4) aku mengikuti sebuah workshop water color yang dipandu langsung oleh talented artist Babalisme atau Kak Ning Fathia. Btw aku baru tahu kalau Babalisme itu adalah seorang cewek dan namanya adalah Kak Ning itu yaa saat pendaftaran workshop ini.

IMG_4291

Cerita sedikit yaa, gimana ceritanya seorang Vita bisa ada di workshop yang ternyata peminatnya sampe rela dijadiin waiting-list. Dua minggu lalu, di suatu pagi yang tenang, aku lagi asik nge-layout birthday albumnya Viorel. Terus tiba-tiba Ko Bun dateng sambil membawa topik pembicaraan hangat. Saking hangatnya aku sampe panas dingin hahahaha.

“Vit, tau nggak kemarin-kemarin Babalisme bikin workshop di Baker Street loh?”

“Oh ya? Kemarin kapan Ko?”

Tau kenapa aku bisa panas dingin cuman karena dibahas workshop? Haha biar aku jelaskan. Selama ini aku nggak menguasai mewarnai dengan media water color. Pernah disuruh nyoba sama Ko Bun di studio, dan hasilnya hemeh banget hahaha. Jadi, water color adalah hal yang aku hindari karena aku nggak menguasai. Such a coward kan? Huhuhu, jangan ditiru.

Nah, obrolan tentang workshop water color-nya Babalisme berlanjut ke besoknya. Ternyata Ko Bun sangat-sangat gesit buat menghubungi orang-orang dibalik workshop Babalisme, buat nanyain kapan beliau akan mengadakan workshop lagi. Luckly.. Ternyata Babalisme bakal bikin workshop di Madame Sisca Bandung dua minggu lagi setelah workshop di Jakarta! Info yang didapetin Ko Bun, workshop itu tanggal 15 dan udah sold out! Hebat banget kan kharismanya seorang Babalisme sampai workshopnya bisa sold out even acaranya masih dua minggu lagi. Dan luckly lagi, Babalisme bikin perpanjangan workshop menjadi dua hari. Dan Ko Bun dengan gercep daftarin aku ke workshop itu.

Aku panik. Banyak pertanyaan dan pernyataan yang ngehantuin aku. Gimana kalau aku malu-maluin di workshop itu? Aku kan sama sekali gak bisa pake cat air. Mampus. Die. Die.

Selama dua minggu sebelum workshop, aku menanamkan pikiran-pikiran baik. Namanya juga workshop, it means aku bakal belajar disana. It’s okay kalau masih jelek. Minimal workshop ini bakal membuahkan sesuatu yang masih aku nggak tau apa.

And, hari workshop pun tiba! Aku kerja setengah hari, soalnya workshopnya jam 2 siang. Jam 12 aku berhenti ngerjain wedding albumnya Armel, turun ke bawah buat nungguin Stevie yang katanya mau makan siang bareng. Beres makan siang, aku malah jadi gelisah. Seakan pikiran positif yang udah aku bangun selama dua minggu kemarin runtuh. Jam 1 aku makin gelisah karena gojek pesenan aku lambreta lamborgini jemputnya. Nggak tau apa ini ada orang panik karena takut kesiangan.

But, ternyata aku sampai di tempat tujuan dua puluh menit lebih awal. Pas dateng, aku disambut oleh mbak-mbak EO-nya yang ramah banget. Dan di tempat workshop udah ada beberapa peserta yang lagi asik foto-fotoin table decor yang lucuuuu banget.

bablisme workshop 1cr : refinery_id @ ig

Aku duduk di salah satu meja panjang, duduk dengan gelisah tapi masih sempet mengabadikan kelucuan table decornya hehehe. Dan aku kenalan sama seorang teman (semua pesertanya ternyata cewek) disana, kita ngobrol banyak sharing tentang kemapuan payah masing-masih di bidang water color. Aku ga sendirian ternyata. Hahahaha.

Jam 12 sharp, workshop dimulai. Mbak EO yang cantik itu memperkenalkan Babalisme a.k.a Kak Ning ke semua peserta workshop yang sekitar berjumlah 20 orang yang dibagi di dua meja panjang. Kak Ning lalu memulai edukasi dasar mengenai water color. Mulai dari menjelaskan apa itu water color, kuas yang dipakai, kertas yang baik untuk water color, hingga teknik mencuci kuas yang baik biar ga buladig hehe. Buladig kayak Sycat. Btw kangen berat sama Sycat😦

babalisme workshop 2cr : refinery_id @ ig

Di workshop itu, kita udah dikasih 4 sheets HVS 100gr, 2 sheets Canson 300gr, brush lancip ukuran 2, palet dan water color yang bisa sharing untuk berempat. Berhubung posisi duduk aku tidak memungkinkan buat sharing, maka aku pakai water color yang aku bawa dari studio. Btw, ini adalah petuah Ko Bun buat bawa water color sendiri haha.

babalisme workshop 3 IMG_4298

Terus Kak Ning memberikan kesempatan ke kita semua buat mencoba membuat warna di palet masing-masing, lalu menyapukan kuas di kertas buat ngerasain sudah pas kah perpaduan antara air dan catnya. Setelah semua sepakat kalau kita udah ‘mahir’ dalam membuat garis dan lingkaran, pelajaran pun dimulai.

Pelajaran pertama adalah membuat cangkir. Di cheat sheetnya cangkir buatan Kak Ning cantik banget. Dan buatan aku hmm, nggak usah ditanya hahaha. Kak Ning awalnya menjelaskan di depan ruangan, lalu menghampiri setiap sudut meja buat memantau anak didiknya hehe. Terus Kak Ning ngajarin langsung di depan kita. Kak Ning ramaah banget huhuhu aku terharu. Ka Ning meragain menyapukan kuasnya gampaaaang banget. Kayak yang gampang I mean. Pas dipraktekin sama aku ternyata ga segampang itu huhu
Pelajaran kedua adalah membuat kelinci dalam cangkir. Lagi-lagi kelinci dalam cangkir di cheat sheetnya lucuuuuu banget. Dan buatan aku.. sedikit mirip kelinci. Hehe. Tapi Ka Ning bilang kalau kelinci aku lucu hahahaha. Aku tersanjung.

IMG_4295

Pelajaran terakhir, kita dituntut untuk membuat kue. Nah kue adalah ilustrasi kesukaan aku. Aku sering bikin ilustrasi pake pen, pencil, vector atau digital drawing kue dan makanan lucu lainnya. Jadi aku semangat pas topik pembelajaran pindah ke kue.
Setelah dua jam workshop, peserta diperbolehkan untuk tea break. Dan slice cake yang disajikannya lucuuu, tapi ga aku foto. Aku makan. Hehehe.

IMG_4376

cr : refinery_id @ ig

Nah, habis break kita foto bareng sama Ka Ning sebagai penutup acara workshop. Dan aku kesempatan buat foto bareng Ka Ning dan temen ngobrol aku. Maafin pose canggung aku, ini tegang foto sama Babalisme alias Ka Ning haha.

IMG_4302IMG_4379

cr : refinery_id @ ig (pardon my football team pose HAHAHAHA)

Oh ya terakhir, kita dikasih bingkisan ini pas pulangnya. Ah lucu sekaliii hehehehe..

IMG_4378

cr : refinery_id @ ig

Well, selama ini ketakutan aku terhadap workshop ini ternyata nggak ada gunanya. This awesome workshop just inspired me a lot! Sampe rumah, aku praktekin ulang apa yang aku pelajarin di sana. Oh ya, ternyata pas beres workshop aku dijemput sama Ko Bun dan pasukan fotografer yang habis foto buat prewedding. Tapi aku melimpir biar nggak di wawancarain tentang workshopnya hehehe.

But, I’m truly happy! Thank you Ko Bun dan PolarPoplar yang senantiasa mendukung aku dan temen-temen lain di studio. Makasih buat kesempatan berharga ini buat belajar langsung dari pakarnya. Terharu banget bisa berada di keluarga yang mengsupport kita sepenuhnya hehehe.. Oh ya ada beberapa hasil workshopnya yang belum bisa di share di sini. Kebetulan hasil belajar kemarin sedang ‘disita’ Ko Bun buat diliat-liat hehehe.

Btw, gara-gara workshop ini aku jadi beli cat air sendiri. Padahal di awal bulan sempet janji, kalau aku nggak boleh jajan baju dan sepatu. Soalnya aku harus nabung buat plan little escape bulan depan. Hahaha, aku gak beli baju sama sepatu kaaan. Jadi nggak ngelanggar janji banget sih hehe

See you at next post ya.. Have a nice daaay :*

Leave a comment

Filed under ART, Diary

Leave a Reply

